Kelana Laut Wallacea


Pertengahan 2012 lalu, saya diberikan kesempatan bergabung bersama pemuda dari seluruh Indonesia untuk tinggal selama satu bulan di KRI Surabaya 591 dan mengarungi samudra Indonesia. Melalui tujuh kota: Ambon - Sorong - Raja Ampat - Ternate - Morotai - Makassar - Jakarta, seakan membuktikan dengan mata kepala sendiri tentang betapa luasnya wilayah Indonesia dan betapa kayanya negara kita. Tetapi kekaguman itu dibalut kekhawatiran tentang kritisnya kondisi alam dan budaya Indonesia, khususnya di wilayah pelosok yang tidak terjangkau tangan pemerintah pusat. Semua itu kemudian saya rangkum dalam sebuah buku digital "Kelana Laut Wallacea: Catatan Perjalanan Mengarungi Lautan Indonesia Selama 30 Hari Dengan KRI Surabaya 591". Buku digital ini berisi catatan perjalanan, foto-foto dokumentasi, opini, keluh kesah, dan semua yang kami alami selama perjalanan berlayar.

Buku digital kami dapat didownload di link ini:
Download via ziddu
Baca dan download via scribd

Saya mengharapkan bantuan ada untuk menyebarkan link download ebook ini. Tidak semua orang punya keinginan dan kesempatan untuk bisa berlayar dengan kapal perang republik tercinta kita, dan kami bertekad menyebarkan virus cinta Indonesia melalui buku ini.

Buku digital Kelana Laut Wallacea dibuat atas inisiatif saya dan Rifian Ernando, ucapan terima kasih kami haturkan kepada para kontributor:
Hikmah Cut Ramadhana
Retno Nuraini
Tim Dokumentasi KPN Sail Morotai 2012

Selamat berlayar! Bon Voyage! :)

3 comments:

  1. Sekian lama setelah berlayar akhirnya baca ini lagi.. Makasi buat tulisan yang inspiratif ini ya kin.

    ReplyDelete
  2. trimakasih infonya.....
    sangat menarik dan bermanfaat....
    mantap..

    ReplyDelete

terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar :)