February 14, 2013

Melepas Rindu Akan Air di Umbul Ponggok


Jogjakarta memang kekurangan laut tenang yang dapat digunakan untuk snorkeling atau menyelam layaknya laut di kawasan Bali atau Lombok. Tapi untuk sekedar berlatih menyelam dan foto bawah air yang lumayan, saya merekomendasikan tempat ini. Namanya Umbul Ponggok, sebuah kolam mata air alami di wilayah Klaten, Jawa Tengah, sekitar 1,5 jam dari kota Jogjakarta. Kolam ini sudah cukup dikenal di kalangan teman-teman penyelam karena biasa digunakan untuk berlatih snorkeling dan scuba diving.
Sebenarnya Ponggok adalah nama desa wisata air yang memiliki cukup banyak umbul semacam ini seperti: Umbul Sigedang, Umbul Besuki, dan yang paling besar Umbul Cokro. Masing-masing punya keunikannya sendiri, kebetulan saya baru mencicipi Umbul Ponggok. Dilihat dari depan, saya sempat meremehkan tempat ini karena letaknya persis di pinggir jalan dan hanya ada satu kolam besar dengan fasilitas biasa saja. Tetapi setelah menceburkan diri, saya cukup betah! Jika anda ingin berenang di kolam mata air jernih yang segar dan tidak berkaporit serta ditemani ratusan ikan jinak, mampirlah ke Umbul Ponggok. Lumayan untuk menghilangkan penat setelah seminggu beraktivitas :)

Kalau main ke Umbul Ponggok, bantu jaga kebersihan umbul ya.. Jangan buang sampah sembarangan ke dalam umbul dan sekitarnya. Walaupun banyak warga setempat yang menggunakan umbul untuk mandi, mencuci dan aktivitas lain, saya sarankan anda tetap membersihkan diri di kamar mandi yang sudah disediakan saja.

***
Biaya masuk: Rp 3.000 | Sewa ban: Rp 3.000 | Cuci/mandi: Rp 1.000
Saya tidak pandai menjelaskan petunjuk jalan, silakan cari lokasi 'Desa Ponggok' via GPS atau googlemap (karena saya juga mencarinya menggunakan GPS! hehe)
Update | Terima kasih untuk ancer-ancer yang diberikan mawi wijna, Umbul Ponggok dapat dicapai dengan cara sebagai berikut: Dari selepas kota Klaten, dari Jl. Solo pas pertigaan lampu-merah terminal Penggung itu belok ke utara, arah ke Polanharjo. Kalau mau mudah, ikuti petunjuk menuju Umbul Cokro.

umbul seluas lapangan sepakbola
ada bebek-bebekan -__-
berenang ditemani ikan-ikan
oops :p
cocok buat yang suka snorkeling
abi-zizi
dancing in the water
saya juga kurang paham kenapa ini diberi pagar. mungkin semacam untuk melindungi sumber mata air?
ada juga mata air yang keluar dari pasir di bawah kami, menimbulkan gelembung-gelembung kecil yang lucu!
Foto oleh: Rifian Ernando, Maharsi Wahyu, Andriza Udin, Nindya Herdianti

65 comments:

  1. Replies
    1. saya juga baru pertama kali ke sini :D

      Delete
    2. loh ini klaten??
      kok q baru tau ya kalo ada tempat ginian.... ~_~

      Delete
  2. tempat fav ane sejak sd
    dl hampir tiap libur kesini
    lari pagi mampir umbul mandi trus mbolang pulang lewat pinggir kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. like this gan! klaten keren deh umbul-nya. coba di jogja ada juga :)

      Delete
    2. Ini WOW banget tempatnya! Tadi siang langsung kesana habis baca blog ini..hahaha.. Stelah tanya 3x baru ketemu itu tempat. Dan pingin kesana lagiiii..hahaha. Sayangnya, banyak sampah :'( banyak yang nyuci baju dan mandi besar disitu :'( next, kalo kesitu lagi menyelam smbil mungutin sampah :')

      Delete
  3. 3 tahun yang lalu pernah KKN di desa ponggok, tetapi sekarang umbul ponggok udah jadi sebagus ini WoW...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kmrn sempet liat bbrp plang dan tempat sampah ada tulisannya KKN UGM. iya sekrg sudah bagus mas tempatnya :)

      Delete
  4. kerenz juga isi dalamnya :) semoga suatu saat dapat kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, enaknya nyelem2 di sini ga pedih dan tenggorokannya ga sakit kayak di laut. amiin amin :)

      Delete
  5. waaaaaaaaaaaaaa. ini dimana mbak? Jogja sebelah mana? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini di klaten dek, tuh komen di bawah kamu ada yang berbaik hati ngasih ancer2 jalannya :)

      Delete
  6. ancer2 jalannya, dari selepas kota Klaten, dari Jl. Solo pas pertigaan lampu-merah terminal Penggung itu belok ke utara, arah ke Polanharjo.

    Hehehe, makam simbah saya di Polanharjo mbak, jadi saya lumayan familier dengan Umbul Ponggok. Tapi mau renang di sana malu, habis kelihatan dari jalan raya, hahaha. Akhirnya saya pindah ke Umbul Cokro yang lebih tertutup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak ya mbak atas ancer-ancernya :) iya, saya pernah googling ttg umbul cokro, ada waterparknya ternyata. tapi kalo untuk bikin foto underwater lebih seru di ponggok kayaknya ya, tapi cokro next time akan saya coba haha

      Delete
    2. eh mbak, saya pria... aaaaak >.<

      Delete
    3. aaah maaf salaaah panggil maaas XD

      Delete
  7. wooow maknyuss tenaann kinn...
    keluar di majalah mana lagi kali ini??
    btw underwaternya pake kamera apaan e?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ndak keluar di majalah mana-mana... ini banyakan yang motret malah si Edo. Ini pake sony nex 5 dipasangin housing Don.

      Delete
    2. kin nex 5 housing nya apa merk nya? aku kok mau buat nex 6 tapi merk nauticam dan itu $1600 :|

      Delete
  8. haaaahhhh...di klaten??
    wah..kudu ke situ neh...
    penasaran banget....
    .
    mampir balik ya mba
    ghozaliq.wordpress.com
    salam seloteh backpacker :D

    ReplyDelete
  9. ancer2nya kalo dari jogja (alternatif lain) bisa ambil jalan lewat tengah kota sampe nemu gor gelarsena klaten, sblm gor ada perempatan, ambil kiri, nemu perempatan lagi, ambil lurus arah karanganom, ngambil jalan lurus aja, patokannya ke arah karanganom, kalo sudah sampe karanganom ada pertigaan, ambil kanan, nah ambil lurus ke arah polanharjo, umbulnya ada di kiri jalan.

    oh iya, abis dari umbul ponggok, bisa nyobain makan siang di lesehan djanti. di sekitar djanti juga ada umbul ;)

    trus selain ponggok dan cokro (polanharjo), umbul2 di klaten ada juga di jatinom (umbul jolotundo, umbul gendaren) trus kebonarum (umbul tirtomulyono & tirtomulyani)

    *ah ketahuan aku wong klaten ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah makasih banyak untuk ancer2nya mas! kemarin aku ngikutin gps, krn dia pake fastest way, jadinya mblasuk2 masuk jalan kampung dooong. lucu banget kalo diinget2. next time main ke umbul yang lain ah :D

      Delete
  10. Wow... Lebih cerah dari kolam renang.. Harus aku coba sebelumkeluar jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih cerah, lebih biru, tanpa kaporit :D

      Delete
  11. ini mah namanya keren! kenapa baru tau, kemaren januari dari jogja :| airnya bisa biru banget ituuuu mupeeeng, pengen kesini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sayang sekali ya mas, itu artinya mas fahmi disuruh kesini lagi XD

      Delete
  12. oh my GOD. INI BENMERAN DI JOGJA. I put on my list TRIP, makasi

    ReplyDelete
  13. aku baru tau ada tempat kayak gini di klaten. kapan2 dolan ndono ah..

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. yap, cobalah mbak! :D kedalaman 1,5-3 meter kayaknya, saya belum sempat ke pojokan di sana kayaknya agak dalem..

      Delete
  15. WOW... pasti seruuuuuuuu banget... jadi pengen

    ReplyDelete
  16. Pemandangan bawah airnya kelihatan seperti di laut beneran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga jatuh cinta gara2 itu :))

      Delete
  17. Wowww.. Benerann baru tauu juga ada tempat seperti ini.. btw, itu seriusan yah ikannya cantik2 gitu? keknya kudu masukin ke itin nih kalo pas kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikannya ikan air tawar biasa kok.. tapi karena banyak dan bergerombol jadinya lucu :D

      Delete
  18. Keren..... tahunya cuma Cokro aja di Klaten..ternyata ada Ponggok yang fotogenic underwater hehe...
    Makasih infonya dan salam kenal dari wong Solo, kaka... :-)

    ReplyDelete
  19. EBUSET! Itu gimana aernya bisa bening gitu, yak?
    Aer tawar, kan? kok bisa, yak?!
    *garuk2 pala*

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya langsung dari mata air mas, jadi bening dan seger banget, ketelen pun ngga bikin sakit tenggorokan. hehehe

      Delete
  20. wowo really nice place ! i wish i can come...

    ReplyDelete
  21. boleh tolong ancer" kalo dari umbul cokro ga mas ??
    makasiih

    ReplyDelete
  22. izin share ulang bro, saya orang wonosari, sejenis deket dan agak jauh dari situ, cuma pernah liat dari jalan :D karna gak bisa renang :D

    ReplyDelete
  23. itu fotonya pakai kamera apa mbak/mas kokbisa bagus gitu di dlm air?

    ReplyDelete
  24. ini ada komunitas nya gak buat gabung nyelem bareng?

    ReplyDelete
  25. Ini ada komunitas buat nyelam bareng gak min? kalau ada mau dong, gabung :)

    ReplyDelete
  26. Keren keren ... banyak ikan nya juga, kayak nya seru buat nyelem2an ngak jelas :)

    ReplyDelete
  27. Very nice!! there is so much information on this blog keep posting good information like this so that I can come back every day for some new info... Online Travel Agencies

    ReplyDelete
  28. Ketipu saya, saya pikir laut beneran, tapi jadi buat penasaran, dan bisa dijadikan destinasi jika ke Klaten, TOP.

    ReplyDelete
  29. Gak nyangka ternyata kampungku banayk yg suka ya....

    ReplyDelete
  30. ada penyewaan alat snorkeling nya gak?

    ReplyDelete
  31. wow kameranya keren mbak boleh pinjem gak nih??? hehehe

    ReplyDelete
  32. waaah hampir sama dengan Rajaampat masih alami

    ReplyDelete
  33. mbak itu fotonya bawa kamera sendiri apa ada sewaan kamera disana ?

    ReplyDelete
  34. salam,
    Mbak mau tanya , ini kira2 kalau dr malioboro berapa lama berkendara mobil ya?

    ReplyDelete
  35. Durhaka banget aku berarti yak, baru tau ada tempat secakep ini, padahal pan dekat..

    ReplyDelete

terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar :)