January 11, 2012

akhirnya rusak juga

Beberapa bulan yang lalu dua teman saya, Nisia dan Ferzya mengeluhkan hal yang sama mengenai macbook mereka: baterai macbook soak! katanya sih memang umurnya sekitar 3,5 tahun sebelum si batere rusak atau bocor. Semacam sudah waktunya. Nyebelinnya harga batere macbook mahal, dan ga tiap toko jual yang sesuai spesifikasi yang dibutuhkan... Terus saya menghitung umur makki saya, sudah lebih tiga tahun juga. Dalam hati agak dag-dig-dug dan khawatir batere makki akan mencapai ajalnya.

Akhirnya sekitar dua minggu lalu, si makki selalu menunjukkan gejala yang sama: crash saat masuk ke halaman desktop dan ngambek gamau jalan (padahal seumur-umur se-hang apapun makki dia pasti akhirnya jalan lagi) dan terpaksa re-boot biar bisa dipake lagi. Saya kira dia masih bisa dipaksakan kerja untuk beberapa hari kedepan sebelum saya masukin ke reparasi. Eh ternyata sebelum rencana saya terlaksana, si makki gamau booting dan cuma berhenti di gambar logo apple sambil loading ampe lebaran monyet kagak muncul juga desktopnya...

Dua hari lalu saya masukin ke reparasi, dan baru tadi dapat kabar kalau HD makki saya mati dan udah ga kedetect lagi. Wo'o, ini lebih buruk dari batere soak. Tiba-tiba dunia suram.. burung berhenti berkicau.. hujan deras dan angin kencang... Dalam hati berdoa semoga si HD bisa direcovery dan semua data, foto-foto, editan, kerjaan saya terselamatkan.. karena selama ini cuma folder-folder berisi foto mentah yang saya backup di HD external. Dalam hati rasanya nyesek banget, selama ini niatan buat nge-backup semua data di makki ga pernah terlaksana karena virus males. Makan tuh males kin.. Padahal proposal skripsi saya ada di makki dan tidak saya backup.. kebodohan kedua. Beruntung saya ngerjain penelitian di laptop satunya dan saya tiba-tiba ngerasa pengen backup semua data saya di laptop itu biar ga kejadian yang sama kayak makki.

Kemungkinan besar si HD rusak karena terlalu banyak kena goncangan. Kemudian saya mengingat-ingat style saya ngebawa si makki dan emang bener saya barbar banget ngebawanya. Seakan-akan si makki adalah pemeran film 300 yang tahan goncangan dan ahli debus. Saya googling dan menemukan bahwa ternyata macbook generasi ini memang sebagian HD nya tidak terlalu bagus (tidak semuanya) ditambah saya yang agak urakan ngebawa makki jadilah double combo faktor rusaknya. *tawa miris*

Terpaksa tabungan yang harusnya buat traveling dipake buat beli HD, padahal katanya harga HD masih melonjak tajam gara-gara banjir Thailand. Googling harga, dan yak ternyata benar...*ngunyah rumput*

Pelajaran bagus. Sayangi barangmu dan perlakukan ia seperti manusia.

5 comments:

  1. Lucu Kin.. hahaha...
    Sering2 aja makki-nya gini terus, jadi si empunya bakal sering ngepost curhat lucu. :D

    Ini lucu loh Kin, beneran.. Hahahaha...
    Selamat ngunyah rumput ya. Gyahahaha...
    *Hosh..hosh..capek. Capek ketawa*

    Ps: Tertawa bukan berarti tidak ikut berbelasungkawa loh yah. :D

    ReplyDelete
  2. Kak adit! ini malah ketawa ada temannya yang bersedih sendu gundah gulana..
    hakhakhak, keseringan curhat galau kamu merindukan si empunya blog curhat lucu ya? pasti lagi stress ni kak adit, baca posting ginian aja ampe capek ketawa.. haha
    baru dpt kabar si makki tidak terselamatkan. cuma bisa bilang, innalilahi...

    ReplyDelete
  3. yah sedih T.T padahal kalo cuma baterainya rusak ada yang jual kw kin, harganya sangat terjangkau di tokobaterai.com. macbook jadulku (yang sampai dipensiunkan belom dikasih nama) udah ganti batre pake yang beli tokobaterai.com dan alhamdulillah sampe skrg masih bisa dipake.

    yaudah gapapa kin, insyaAllah cepet dapet rejeki buat beli macbook jarang. semangats!

    ReplyDelete
  4. @sasa : aaa makasih mbak sasa. hehe seneng deh kalo dapet komen dr sesama user, kayak beban hidup berkurang setengah *oke ini lebay* emang harga batere KW berapaan mbak?

    ReplyDelete
  5. setengahnya harga ori kin, buat macbook 13" 500ribuan udah termasuk ongkir. charger juga ada yang kw dan oke juga kin di tokobaterai.com itu. so far so good kin hehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar :)