December 24, 2011

siap dibaca: Meraba Indonesia



Sinopsis buku seperti yang tertera di bagian belakang:

Selama hampir setahun, dua wartawan kawakan, Farid Gaban dan Ahmad Yunus, mengelilingi Indonesia. Mereka menyebut perjalanan ini sebagai Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Dengan mengendarai sepeda motor win 100 cc bekas yang dimodifikasi, mereka mengunjungi pulau-pulau terluar dan daerah-daerah bersejarah di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, Dari Miangas hingga Pulau Rote. Ratusan orang telah mereka wawancarai; ratusan tempat telah mereka singgahi.

Tujuan utama ekpedisi ini adalah mengagumi dan menyelami Indonesia sebagai negeri bahari. Di atas semua itu, mencatat keseharian masyarakat yang mereka lewati. Mencatat dari dekat. 

Tertarik dengan tampilan cover yang 'gahar' dan sinopsis yang mengundang, akhirnya saya mengalokasikan uang yang seharusnya saya gunakan untuk membeli NG Traveler edisi Januari 2012. Sempat galau antara beli Selimut Debu nya Agustinus Wibowo yang sejak lama saya dambakan T.T Tapi saya pikir ini adalah traveling gaya baru, apalagi di Indonesia, dimana dua orang gila melakukan perjalanan dengan motor trail ke seluruh pelosok Indonesia. This is a real adventure! Saya belum membacanya, saya janji ketika sudah selesai membaca akan segera membuat review singkatnya. 


Buku yang dibuat oleh Ahmad Yunus seharga Rp 75.000 ini dilengkapi dengan 50 foto berwarna karya Ahmad Yunus dan ada juga CD film dokumenter buatan Farid Gaban. Ini adalah teman malam minggu saya kali ini. Hehehe.
Cerita tentang ekspedisi mereka juga bisa diintip di website www.zamrud-khatulistiwa.or.id, siapa tau bisa jadi referensi sebelum membeli bukunya :) 

Mungkin OOT, tapi saya dan Karlina Aucia Augusta, punya keinginan yang hampir sama liarnya : menapak tilas sejarah dan perkembangan sosial-budaya di sepanjang Jalan Raya Pos Daendels. Mungkin naik motor, mungkin naik kendaraan umum. Ah, mimpi lagi mimpi lagi. Tapi, semua petualangan diawali dengan mimpi kan? :)

3 comments:

  1. wehehew, ini buku rampokan yang sedang ada di lemari buku saya. punya seorang teman asal wonosobo. bukunya udah lecek akibat ditenteng2 waktu backpack keliling sumatera. buku ini menginspirasi. :)

    ReplyDelete
  2. sayang saya belum baca buku ini, di pekanbaru susah sekali untuk menemukan buku ini. sudah cari ke beberapa toko buku belum tersedia.
    kalau di pinjami, saya dengan senang hati menerima :D

    ReplyDelete
  3. @nurjannah : hahaha, bukunya punya cerita panjang tuh pasti, ditunggu reviewnya ya!

    @yunaidi: buku ini pantas dikoleksi krn referensi lumayan lengkap, dia banyak cerita jg ttg sejarah suatu tempat :) mau pinjam? dengan senang hati, tapi mas ke jogja.. hehehe *becanda

    ReplyDelete

terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar :)