December 26, 2010

Lucid Dream, Pengatur Mimpi!

Mimpi saya tadi malam, termasuk lucid dream yang paling sempurna diantara lucid dream yang pernah saya alami sebelumnya. Belum bisa atur alur, baru bisa atur diri sendiri. Saya ada di Jakal bawah (dekat karangwuni) naik sepeda,dikejar dua orang. Saya menggeh-menggeh naik sepeda, tiap mau belok atau ganti rute saya sendiri yang atur. Terus saya mikir kalau harus sembunyi, dan saya buat di depan ada kandang sapi (goblok! kenapa kandang sapi, mambu..) terus sembunyi di sana. Dan kok ya kayak film, mereka berhenti di depan kandang sapi dan mencari-cari. Saya kemudian lari berbalik arah (masih naik sepeda) di dekat Gading Mas saya bingung, mau belok kanan kan jalannya naik, nanti bisa pelan nggowesnya.. Akhirnya saya belok kiri dan berpikir, saya harus ke tempat aman! Akhirnya berakhirlah di kantor polisi Bulaksumur. Disana saya diinterogasi, blablabla, ada mereka juga. Nah habis ini saya kebangun...

..................kowe ngomong opo sih kin.................

Lucid Dream, mungkin masih asing di telinga teman-teman. Tetapi mungkin juga beberapa teman sudah gape tentang hal ini bahkan sudah profesional melakukannya. Saya sendiri kepikiran menulis tentang ini karena tadi malam saya mengalaminya dengan sempurna!

Lucid Dream secara harafiah diartikan sebagai 'Mimpi Cerah', yaitu keadaan dimana kita sadar ketika bermimpi dan mimpi terus berlanjut. Jadi kita tahu kalau kita sedang tidur dan bermimpi, bahkan di tingkat yang lebih tinggi, kita bisa mengatur dan menjelajahi mimpi!
Ini bukan mistis sama sekali, malah sudah dilakukan penelitian ilmiah. Para biksu di Tibet sudah mendokumentasikan tentang kebiasaan mereka tetap berpikir dan terjaga ketika badan beristirahat pada abad ke-8. Caranya dengan meditasi, dan banyak juga dilakukan di bagian negara lain. Menurut Wikipedia, peradaban tua di India, Jepang, dan Amazon juga mengenal Lucid Dream, tapi dalam tingkatan yang lebih tinggi, yaitu Out of Body Experience (sering disebut perjalanan Astral) dimana kita tidak hanya sadar dalam mimpi, tapi bisa keluar dari tubuh fana (fisik kasar) dan berjalan-jalan di alam nyata!

Lucid Dream bisa dialami oleh semua orang, asalkan banyak latihan dan membiasakan diri untuk tidak takut. Mau mencoba?
(cara mengingat mimpi ini saya ambil dari kaskus.us dari banyak thread tentang Lucid Dream)
Pertama-tama adalah biasakan untuk mengingat mimpi dan mencatatnya. Awalnya memang sangat susah. Saya juga begitu, tapi saya bertekad bisa Lucid Dream. Akhirnya lama-lama saya bisa mengingat mimpi. Awalnya hanya samar, kemudian detil lingkungan mimpi, sampai alur mimpi... Kenapa harus membiasakan diri mengingat mimpi? Katanya, kita jalinan antara diri kita dan alam bawah sadar/alam mimpi akan semakin erat kalau kita sering mengingat mimpi.
Kedua, ingat-ingat dan berkonsentrasilah pada hal-hal yang kalian inginkan terjadi saat kalian bermimpi. Lakukan sebelum tidur.
Ketiga, lakukan metode Wake-Back-to-Bed, yaitu terbangun ketika belum cukup tertidur dan segera tidur kembali. Bisa pake alarm buat mbangunin beberapa jam lebih awal sebelum waktu bangun yang seharusnya.

Setelah ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yaa...
Biasanya kalau lagi pingin dapat Lucid Dream saya akan selalu mengingat-ingat apa yang ingin saya impikan. Misal, dalam mimpi saya pingin jalan-jalan jauh. Tetapi saya lebih sering ber-Lucid Dreaming tanpa disengaja, tahu-tahu udah disetting aja lingkungan mimpinya, saya tinggal kendalikan tubuh saya. Kalau di Lucid Dream disengaja (saya jarang bisa T.T) kita bisa kendaliin mimpi sepenuhnya. Tapi saya belum bisa :(

Kalau udah mulai menutup mata dengan relaks (biasanya 7 menitan) saya memvisualisasikan apa yang saya bayangkan tanpa buka mata. Hal ini dilakukan untuk membuat otak tetap terjaga sementara syaraf motorik 'dimatikan' oleh tubuh. Tapi saya suka ga sadar disini kalau udah mau masuk ke tahap selanjutnya.

Setelah itu, saya pasti tindihan (sleep paralysis). Tindihan adalah salah satu tahap utama kalau mau Lucid Dreaming. Tindihan sering dikaitkan dengan hal mistis, seperti merasa ditindih, tidak bisa bergerak, merasa ada orang lain di kamar, suara-suara yang berisik, dan sesak napas. Padahal hal ini terjadi karena saat syaraf motorik kita sudah istirahat, otak dan indera jadi lebih peka. Antara alam mimpi dan nyata bercampur dan menghasilkan 'visualisasi' yang mengerikan seperti tadi. Saat ini mata kita bisa saja bergerak-gerak cepat, terbuka setengah tapi tidak bisa terbuka seluruhnya, pokoknya berasa mau mati.

Di sini biasanya orang justru panik, dan pingin kebangun. Padahal kalau kita tetap relaks dan lanjut, selanjutnya kita bisa masuk ke tahap lucid dream. Ada yang bisa merasakan saat masuk ke terowongan gelap sebelum lucid dream, tapi saya lebih sering tau-tau hap! udah di mimpi. Selanjutnya tinggal semau kita mau kayak apa kontrol mimpinya.

Btw sehubungan dengan mimpi saya tadi, seperti mimpi biasa ya? Tapi sadar ngga, kalo di mimpi biasa kita ngga akan bisa kendaliin diri dan lingkungan mimpi, pasti tahu-tahu muncul di tempat lain! Trus tau-tau ada teman kita melakukan hal aneh, atau tau-tau melihat kucing berwarna ungu... Di lucid dream kita sadar, sehingga bisa memfilter informasi dan mengatur mana yang seharusnya tidak mungkin terjadi di dunia nyata...

Terus, kenapa tertarik belajar Lucid Dream? bagi orang-orang yang sering bermimpi buruk dan takut tidur, Lucid Dream adalah alternatif yang tepat. Saya contohnya. Saya dulu seriiing sekali tindihan dan panik sampai ga bisa tidur, tapi sejak tahu bahwa tindihan ga ada hubungannya dengan setan, saya jadi lebih santai... Kedua, Lucid Dream dapat menjadikan kita mampu merasakan hal-hal yang tidak mungkin dirasakan di alam nyata, seperti terbang, lompat langsung mendarat di Kutub Utara, atau dicium sama artis korea. Di mimpi, semuanya mungkin.

Sayangnya, itu cuma mimpi. Sebagus apapun pengalaman kita, itu bukan dunia nyata. Seperti di salah satu adegan Inception ketika Leonardo DiCaprio menemukan ruangan penuh orang yang tertidur dan bermimpi, si penjaga berkata, 'Mereka tertidur terus, tapi mereka sekarang sedang terbangun dari mimpi buruknya.'

Lucid Dream juga bisa meningkatkan kreativitas dan konsentrasi. Ya, semua itu kan dibangun dengan imajinasi, dan kita mengasah imajinasi kita dalam mimpi..

Di atas Lucid Dream, ada astral projection/perjalanan astral/out of body experience. Tahap utamanya juga saat tindihan, saya belum berani coba perjalanan astral. Jadi tubuh kita tetap tertidur, tapi 'tubuh halus' kita keluar dan melayang-layang. Beberapa pengalaman mengatakan kalau mereka sudah bisa berjalan-jalan dan terbang sangat jauh (bahkan ada yang lintas batas alam) dan bertemu banyak makhluk gaib yang seharusnya tidak terlihat.

Teman saya, ferzya farhan, pernah merasakan OBE. tapi baru sampai tahap melayang dan balik badan, dia heran karena melihat dirinya sendiri sedang tidur.
Saya sendiri pernah secara tidak sengaja saat tindihan rasanya ingin sekali bangun! Tiba-tiba saya terbangun dan sudah menggerakkan badan, sudah berdiri, rasanya ringan sekali. Tapi saat akan berbalik, saya ketakutan, dan akhirnya saya terbangun. Saya ngga bisa membuktikan ini mimpi atau benar-benar OBE. Oke, ini sudah mulai mistis rupanya. Hahaha.

Beberapa orang yang tidak percaya kalau mereka sudah melakukan perjalanan astral atau sekedar mimpi. Akhirnya mereka mencoba hal ini, saat tidur, seorang teman menuliskan sesuatu yang mereka tidak tahu di kertas. Kertas itu ditaruh di atas lemari dan menghadap atas, pokoknya kita ga bisa lihat tanpa terbang atau naik lemari. Kalau bener kita OBE, kita pasti bisa nebak tulisan itu, tapi kalo enggak, ya cuma mimpi... hehehe.
Semua orang punya potensi buat melakukan OBE, tinggal mau melakukan atau tidak.

Menarik ya? Sekaligus ngeri, hehehe.

Mungkin film Inception ide awalnya dari hal ini. Memanipulasi mimpi, tidak perlu punya alatnya, cukup berlatih dan aturlah mimpimu! Ga percaya? Coba saja :)

12 comments:

  1. wah, "mengingat mimpi" adalah kebiasaan yg dulu saya sering lakukan. karena telah tertulis di buku : the way of cretive thinking. disarankan di setiap pagi untuk selalu menggambar mimpi yang telah terjadi tadi malam.
    saya merasa bahwa setelah melakukan hal ini(menggambarkan kembali mimpi), mimpi saya menjadi semakin jelas dan kesemua indra menjadi terlibat didalamnya. hal ini melatih kepekaan kelima indra kita dan membuat pikiran kita tidak hanya terpaku ke satu sudut pandang saja.
    interesting.
    namun akhir-akhir ini saya tidak lagi melakukanya, karena jam tidur saya sudah sangat acak. tidak 7-8 jam penuh nonstop di malam hari seperti dahulu.

    ReplyDelete
  2. iyaa.. mirip yg di inception. saya baru dua hari lalu nonton film itu.
    enak juga, ya kalo mimpi bisa diatur2 semau kita. pasti jadi sellau menanti-nantikan waktu tidur.
    btw, itu daerahnya sekitar kos saya loh. kapan2 kalo mimpi lagi, mampir2 yaa. ;D

    hem, malam ini, mau mimpi apa ya?

    ReplyDelete
  3. @cope : dulu? berarti sekarang sudah ngga pernah cop? setujuuu sama kamu cop! mimpi bikin tambah kreatif. hehehe. ah, tidur ala mahasiswa, randoom.. wkwkwk

    @kantong plastik : haha promosi kos2an dong jadinyaa.. :p btw saya nonton inception sampe 3 kali dan berkata 'Chris Nolan is a genius!!'

    ReplyDelete
  4. ooh..itu namanya lucid dream??*baru tau* :D

    pernah juga sih ngalamin kayak gitu,ngatur trus mulai bisa milih ngapain di mimpi itu, ngga cuma jadi penonton..

    ReplyDelete
  5. tar malem cobain ah :D
    kin ada risiko kematian ga? =.=

    ReplyDelete
  6. awalnya cuma mau "blogwalking" di blog mu kin..gara2 punya blog baru yg mau di promosiin (http://ekonomgila.blogspot.com/) hehehhehe...wakakakka

    Tapi pas baca artikelnya, menarik bgt, jadi pengen mencoba. Karena "mimpi" bahkan dalam agama islam yang paling anti sama takhyaul dan setan2nan juga ada pembahasannya sedikit soal tafsir2 mimpi...jadi mimpi emang sesuatu banget.

    Entah kalau aku biasanya beberapa kali pernah nagalamin gini. Habis mimpi, tiba-tiba kebangun karena mau kencing atau wudhu shlat subuh. Tapi pas mau kencing di depan toilet, loh kok gak bisa...dan ternyata sadar kalau itu masih dalam mimpi dan badan ketarik lagi ke posisi semula... Jadi seolah-olah badan udah bangun...apa jangan2 itu jiwa kita yang keluar sebentar, karena ada dorongan lain..semacam kepaksa ...tapi masih jiwanya yg ngerespon, bdan belum..eh ketinggalan deh tu badan..

    Yang serem, pernah satu kali aku yakin banget kalau itu bangun. Menuju kamar mandi mau wudhu. Tapi sebelum masuk kamar mandi...tiba-tiba pintu depan rumah berbunnyi, hah! ada yang baru masuk rumah..saya tidak jadi masuk kamar mandi dn coba melihat siapa yang baru masuk rumah..ternyata yang masuk setan pocoong huaaaaaa!!! terus pcongnya ngedekat sampai bener-bener mukanya nempel ke muka ku..aku teriaaak huaaa...eh! ternyata masih mimpi...hahahhaha

    terus...kalau "mimpi basah" bagi cowok, itungannya gimana ya?? (ini bukan saru lo, cuma penasaran aja, logikanya gimana?) soalnya kayaknya mimpi itu mimpi yang paling "mudah" kita kendalikan, karena berakhir pada apa yang biasanya kita "inginkan" hehehehehehehehe...(husy jangan saru...ini ilmiah)

    -aulia-

    ReplyDelete
  7. oke kin.
    jadi inipenjelasannya kenapa aku bisa mengatur mimpi.
    bukan cuma beberapa kali, aku sering bsia mengatur mimpiku mau mengarah kemana, abis bangun tidur mimpi kelanjutan sebelumnya, dll.

    wow

    ReplyDelete
  8. waw kinkin sangarr :D
    aku juga sering mengendalikan mimpi kin!
    melakukan sesuatu yg gak berani kulakuin di dunia nyata (misalnya nggebukin guruku yg rese) hahaha :D

    ReplyDelete
  9. wah mbak kinkin sudah advanced. aku juga kadang kadang mimpinya kayak gitu mbak, (e.g ganti penampilan lah, ganti orang yang diajak mimpi lah, ganti kendaraan lah) asik lah kalo pas bisa lucid dream.

    tapi kayaknya lebih keren astral deh mbak (dari yang pernah saya baca, katanya bisa liat masa lalu juga lho)

    btw, good post mbak.

    jegu-badai

    ReplyDelete
  10. aku pernah ngalamin lucid dream dan OBE

    ReplyDelete
  11. aku sering OBE, tp ya takut jd ga pernah awet a.k.a langsung panik n bangun. malah pernah tereak2 nyuruh diri seniri kmbali msk tubuh. pengen si OBE yg lbh lanjut tp tkt ktemu makhluk2 yg g pengen ku temui... hiii

    ReplyDelete
  12. ternyata sejak kecil aku sering banget LD. tapi baru tau sekarang kl itu LD. pernah pertama kali LD tu sekitar kelas 3SD, aku bangun tp badan gak bisa digerakin, aku ngelihat hal2 yg nakutin gitu, aku smpe doa bbrpa kali, ada suara berisik gt tp cmn bbrp detik dan trnyata itu yg disebut SP(baru tau skrng) trs di dlm mimpi tu aku bisa terbang sesuka ku rasanya tu i feel free. trs bisa menjelajah kemanapun, trs bisa munculin org yg aku suka gt.
    skrng pengen LD agak susah sih, kl udh dimimpi lupa RC, jd kalo pas kebangun "ah kampret knp td gak RC"

    ReplyDelete

terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar :)